Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Vaksinasi Rabies di Anabul

Jakarta, sonaysurucukursu

Merawat bulu (anabul), Ini baik kucing juga bukan anjingtidak cukup hanya memberi makan atau mengajak bermain. Pemilik Peliharaan juga harus memperhatikan kesehatan anabul.

Salah satunya adalah penyediaan vaksin rabies. Vaksin dapat mencegah hewan peliharaan dari risiko rabies yang mematikan.

Namun, tidak semua hewan peliharaan bisa mendapatkan vaksin rabies. Misalnya, hewan dengan kondisi kesehatan yang buruk.

Dokter hewan di Thiusma Petshop, Bekasi dan Halodoc, Muhammad Iqbal mengatakan, sangat penting untuk pemilik Peliharaan menjaga kesehatan anak sebelum vaksin diberikan.

“Sangat penting menjaga kondisi fisik dan psikis anak sebelum diberikan vaksin. Untuk itulah ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh para perawat. pemilik Peliharaan ini,” kata Muhammad Iqbal saat dihubungi CNNIndonesia.comRabu (28/9).

Berikut beberapa hal yang harus disiapkan pemilik Peliharaan sebelum memberikan vaksin, terutama vaksin rabies.

1. Periksa usia hewan

Penting untuk mengetahui usia pasti anabul tercinta. Jika hewan itu sudah dirawat sejak lahir, biasanya lebih mudah. Tapi, lain cerita dengan hewan adopsi atau yang dipelihara saat dewasa.

“Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan pemeriksaan gigi, atau membawanya ke dokter untuk memastikan usianya,” katanya.

Untuk kucing, vaksin sudah bisa diberikan sejak berumur dua bulan. Adapun hewan lain, itu tergantung pada kondisi kesehatan mereka.

2. Perhatikan berat hewan




Ilustrasi. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memberikan vaksin pada hewan peliharaan. (iStock/SunnyVMD)

Berat badan kucing atau anjing harus ideal. Jangan sampai kucing terlalu kurus, apalagi kurang gizi. Para pemilik Peliharaan harus menjaga asupan makanan sebelum vaksinasi.

“Untuk kucing, beratnya minimal 800 gram atau delapan ons, ini untuk bayi yang masih kecil,” ujarnya.

3. Jangan merawat di toko hewan peliharaan

Sebelum vaksinasi, Anda harus menghindari toko hewan. Ada banyak hewan lain di toko hewan yang berpotensi menularkan virus ke hewan peliharaan Anda.

“Jika kamu ingin memberi perawatan diribisa dilakukan di rumah,” ujarnya.

4. Pemeriksaan kesehatan hewan secara berkala

Pemeriksaan kesehatan biasanya dilakukan oleh dokter hewan. Hewan peliharaan akan diperiksa suhu tubuh, detak jantung, dan kondisi organ lainnya.

“Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan sebelum vaksinasi,” ujarnya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan pemilik Peliharaan agar vaksinasi berjalan dengan lancar. Dengan begitu, hewan-hewan tersebut bebas dari ancaman rabies dan penyakit lainnya.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  FOTO: Aku dan Festival Kain Oscar Lawalata