Yang Harus Diwaspadai Orang Tua Agar Anak Terhindar dari Hepatitis Akut

Jakarta, sonaysurucukursu

hepatitis akut masih menjadi ancaman bagi anak di Indonesia. Induk Disarankan untuk menjaga dua saluran utama di tubuh anak.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kedua jalur tersebut bisa menjadi pintu masuk virus penyebab hepatitis akut.

“Ada dua saluran utama, pertama saluran pencernaan, kedua saluran pernapasan. Ini harus benar-benar dijaga agar tidak terkena hepatitis akut misterius,” kata Nadia dalam webinar yang membahas hepatitis akut misterius, Jumat (1/7).

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan agar kedua saluran tersebut dapat terjaga dengan baik dan tidak menjadi tempat masuknya virus.

Cara Menjaga Saluran Pencernaan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi saluran pencernaan anaknya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Tangan

Orang tua harus mengajari anak-anak mereka untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Tangan menjadi pintu masuknya kuman ke saluran pencernaan melalui benda yang disentuhnya.

Rutin cuci tangan pakai sabun jangan sampai kendor, karena ini bentuk proteksi diri, kata Nadia.

2. Makanan sehat, bersih dan matang

Menjaga apa yang masuk ke mulut adalah hal utama yang juga harus dilakukan. Pastikan makanan yang Anda makan bersih dan dimasak dengan sempurna.

3. Sendok Garpu




Murid SD Menikmati Makan Siang Sehat Di Kafetaria.  (monkeybusinessimages/Thinkstock)Ilustrasi. Orang tua harus menjaga saluran pencernaan anaknya agar terhindar dari hepatitis akut. (monkeybusinessimages/Thinkstock)

Gunakan peralatan makan secara terpisah. Anda juga bisa mengajari anak untuk membawa peralatan makan sendiri saat keluar rumah.

4. Jauhi orang sakit

Bukan pergi, tapi menghindar. Anda harus menjaga anak Anda dari kontak dengan orang sakit.

5. Jaga kebersihannya

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan harus terus dilakukan.

Cara Menjaga Jalan nafas

Selain saluran pencernaan, Anda juga harus menjaga saluran pernapasan. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan;

– mengurangi mobilitas;
– memakai masker saat bepergian;
– menjaga jarak dari orang lain;
– hindari keramaian atau keramaian.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Calm World Merayakan Hari Yoga Internasional 2022