Perempuan Memiliki Peran Besar dalam Pengembangan Wisata Halal di Dunia

Jakarta, sonaysurucukursu

Perkembangan wisata Wisata muslim atau halal dunia ternyata 45 persen dipengaruhi oleh traveler wanita. Hal itu diungkapkan Mastercard dan CrescentRating dalam Global Muslim Travel Index (GMTI).

Laporan tersebut menyatakan bahwa Muslim Women In Travel (MWIT) adalah salah satu populasi pelancong wanita dengan pertumbuhan tercepat. Kebanyakan wanita juga bepergian dengan keluarga mereka.

Potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik, mengingat 45 persen dari total populasi wisatawan sangat berpengaruh terhadap perkembangan wisatawan muslim di seluruh dunia.

Studi ini juga memperkirakan bahwa kedatangan turis Muslim internasional akan mencapai 140 juta orang pada tahun 2023 saat pandemi melambat.

Melihat potensi tersebut, sektor travel muslim diyakini mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mempercepat pemulihan ekonomi, khususnya di sektor pariwisata setelah sempat lesu akibat dihantam pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Indonesia naik dua peringkat sebagai tujuan wisata halal setelah Malaysia yang masih menempati posisi pertama. Dalam laporan sebelumnya, Indonesia menduduki peringkat keempat, masih jauh di bawah Turki dan Malaysia.

Mengutip laporan tersebut, penilaian pemeringkatan ini didasarkan pada kemudahan akses ke destinasi, mulai dari kebijakan visa, persyaratan masuk destinasi wisata, konektivitas, transportasi, dan infrastruktur.

Komunikasi internal dan eksternal, termasuk pemasaran destinasi, keterampilan komunikasi, dan kesadaran pemangku kepentingan di tempat tersebut. Selain itu, situasi di destinasi terkait dengan keamanan, batasan kepercayaan masyarakat setempat, kedatangan pengunjung, iklim yang mendukung, dan praktik keberlanjutan juga diperhitungkan.

Bahkan, pelayanan yang diberikan di tempat wisata termasuk kebutuhan pokok, seperti makanan halal dan fasilitas sholat, pelayanan di hotel dan bandara juga menjadi kriteria penilaian penilaian.

Baca Juga :  Kapal Pesiar Paradise Fans Piala Dunia Piala Dunia 2022 di Qatar

(tst/ch)

[Gambas:Video CNN]