Urusan Ketinggian, Indonesia Nomor 182 di Dunia

Jakarta, sonaysurucukursu

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal Andika yang perkasa merevisi persyaratan tinggi badan calon taruna TNI 2022. Namun, Komisi I DPR RI menilai revisi tersebut di bawah rata-rata tinggi badan orang Indonesia.

Sebenarnya, berapa tinggi rata-rata orang Indonesia?

Persyaratan tinggi badan minimal calon taruna pada awalnya 163 cm kemudian direvisi menjadi 160 cm. Sedangkan calon taruna dari 157 cm menjadi 155 cm. Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menyayangkan keputusan tersebut.

“[Hal ini] Sayangnya, karena berdasarkan banyak referensi dunia, Indonesia berada di peringkat 115 dunia dengan rata-rata tinggi badan 166,6 cm untuk pria dan 154,4 cm untuk wanita,” kata Bobby saat dihubungi. CNNIndonesia.comSelasa (27/9).

Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, Indonesia berada di urutan terbawah daftar kasus tinggi badan.

Seperti dikutip dari orang dalamIndonesia termasuk dalam 25 negara dengan populasi terpendek menurut data dari NCD Risk Factor Collaboration, sebuah proyek yang terkait dengan Imperial College London.

Berapa rata-rata tinggi badan orang Indonesia menurut data tersebut?

Ternyata rata-rata tinggi badan orang Indonesia adalah 158,17 cm. Rata-rata tinggi badan pria adalah 163,55 cm, sedangkan wanita adalah 152,79 cm.

Data ini menempatkan Indonesia pada urutan ke-11 dengan jumlah penduduk terpendek setelah Kamboja.

Sama, di halaman Ulasan Populasi Dunia, Indonesia juga masuk dalam daftar 10 negara dengan jumlah penduduk terpendek. Indonesia duduk di posisi 182 dunia.

Tercatat tinggi rata-rata orang Indonesia adalah 52,2 inci atau 158 cm. Berikut ini adalah negara dengan populasi terpendek berdasarkan World Population Review.

1. Indonesia
2. Bolivia
3. Filipina
4. Vietnam
5. Kamboja
6. Nepal
7. Ekuador
8. Sri Lanka
9. Nigeria
10. Peru

Baca Juga :  Kegemukan? Hati-hati, 10 Jenis Kanker Ini Mengintai

Dari data tersebut terlihat bahwa jenazah pria Pakistan, Myanmar, India dan Brunei Darussalam lebih tinggi dibandingkan pria Indonesia.

(yang/asr)

[Gambas:Video CNN]