Tes Kehamilan Sidik Jari, Apakah Akurat?

Jakarta, sonaysurucukursu

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai cara dapat dilakukan dengan mudah. Salah satu contohnya adalah hadirnya aplikasi pengujian kehamilan melalui sidik jari.

Baru-baru ini, aplikasi telah menarik banyak perhatian. Bayangkan, hanya dengan menggunakan jari, hasil bisa didapatkan.

Namun, apakah tes sidik jari akurat untuk membaca kehamilan?

Jawabannya, jelas tidak. Tes kehamilan melalui sidik jari tidak dapat memberikan hasil yang akurat.

Bukan tanpa alasan tes sidik jari ini disebut tidak akurat. Pasalnya, tidak ada hormon kehamilan atau hCG yang bisa dideteksi dari sidik jari.

Hormon hCG adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh selama kehamilan.

Hormon ini biasanya akan lebih banyak pada hari-hari awal kehamilan atau dalam 10 hari sejak pembuahan pertama. Hormon ini dapat dideteksi melalui tes urine dan darah.

Jenis Tes Kehamilan




Ilustrasi. Ada beberapa jenis tes kehamilan yang memberikan hasil yang akurat. (iStockphoto/FatCamera)

Daripada menggunakan bantuan aplikasi, Anda disarankan untuk melakukan tes urine atau darah jika ingin mengetahui status kehamilan. Berikut penjelasannya.

1. Tes urin

Tes urin adalah tes kehamilan yang paling populer dan mudah. Tes ini juga dapat dilakukan secara mandiri.

Anda hanya memerlukan alat test pack dan ikuti petunjuknya. Jika diikuti dengan cara yang benar, hasilnya bisa 99 persen akurat.

2. Tes darah

Berbeda dengan tes urine yang bisa dilakukan secara mandiri, tes darah harus dilakukan dengan bantuan ahli di laboratorium.

Namun, jenis tes ini hanya dilakukan untuk kebutuhan tertentu. Tes darah juga lebih sensitif daripada tes urin dan hanya mendeteksi sebagian kecil dari hormon hCG.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL LENGKAP.

(ashar)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Lebih bahagia memberi daripada menerima