Pola Makan Sehat Untuk Diabetes: Anda Bisa Makan Semuanya, Asli..

Jakarta, sonaysurucukursu

Jangan pikirkan itu diabetes adalah akhir dari segalanya. Anda tetap bisa hidup sehat dengan mengatur pola makan sehat bagi penderita diabetes.

Mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk menjalani hidup yang sehat dan teratur. Bahkan mengatur pola makan sehat bagi penderita diabetes juga harus dilakukan.

Mengatur apa saja yang masuk ke dalam tubuh penting dilakukan agar gula darah bisa terkontrol dengan baik. Ini juga dikenal sebagai diet diabetes, yang berarti makan makanan paling sehat dalam jumlah sedang dan tetap pada waktu makan yang teratur.

“Pasien diabetes bisa dan tidak bisa makan apa? Sebenarnya semua bisa dimakan meski mengidap diabetes,” kata ahli gizi klinis Shiela Stefani saat diskusi virtual di Halo Diet beberapa waktu lalu.

“Semuanya bisa dimakan, tapi berapa banyak yang bisa dimakan? Itu yang penting, terutama gula dan tepung yang harus dibatasi. Konsumsi karbohidrat sederhana cepat menaikkan gula darah.”

Sheila mengungkapkan, karbohidrat yang dianjurkan adalah karbohidrat yang tinggi serat sehingga diserap secara perlahan oleh tubuh. Ini akan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Ditambahkan Sheila, Ika Setyani, ahli gizi dan tim Humas ASDI (Persatuan Ahli Gizi Indonesia) Jakarta mengungkapkan, pola makan sehat bagi penderita diabetes adalah dengan menjaga 3J (jumlah, jenis, jadwal).

“Jumlah yang dimakan harus dikontrol, jenisnya harus bervariasi, dan jadwalnya harus konsisten agar gula darah tetap terjaga.”

“Sebenarnya harus dikonsultasikan dengan ahli gizi agar diet ini lebih tepat sasaran. Kebutuhan dan kondisi setiap penderita diabetes melitus berbeda-beda.”

Menurut Mayo Clinic, diet diabetes adalah rencana makan sehat yang secara alami kaya nutrisi, rendah lemak dan kalori. Elemen kuncinya adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Tidak hanya itu, diet diabetes juga merupakan rencana makan terbaik bagi kebanyakan orang.

Baca Juga :  Hepatitis bisa dicek kadar SGPTnya, normalnya berapa?

Dengan mengatur pola makan penderita diabetes sesuai anjuran dokter, Anda dapat mengontrol gula darah (glukosa), mengatur berat badan dan mengontrol faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi.

Ketika Anda makan ekstra kalori dan lemak, tubuh menciptakan peningkatan glukosa darah yang tidak diinginkan. Jika glukosa darah tidak dijaga, hal ini dapat menyebabkan masalah serius, seperti kadar glukosa darah tinggi (hiperglikemia) yang dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan saraf, ginjal, dan jantung.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat mengatur pola makan bagi penderita diabetes:

1. Mulailah mengurangi porsi makan

Perhatikan ukuran porsi dan kalori Anda. Kurangi makanan yang digoreng, minuman manis, dan apa pun yang asin atau berlemak.

Luncurkan WebMd, mulailah diet sehat seperti makan banyak sayuran dengan biji-bijian, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, buah, dan lemak sehat. Konsultasikan ke dokter untuk mengatur pola makan terbaik yang bisa menjaga kadar gula tetap normal.

2. Kurangi karbohidrat




Foto: iStockphoto/CharlieAJA
ilustrasi diet rendah karbohidrat

Mengurangi bukan berarti menghilangkan sama sekali. Memang penelitian tentang manfaat diet rendah karbohidrat untuk diabetes masih beragam.

Sebuah tinjauan yang ditulis oleh 25 ahli terkemuka mengatakan gaya makan ini harus menjadi langkah pertama dalam mengelola penyakit, karena dapat menurunkan glukosa darah tinggi.

3. Puasa atau Puasa Intermiten

Mengurangi atau berhenti makan sesekali dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mungkin melawan penyakit kronis. Cobalah puasa intermiten untuk membersihkan pencernaan Anda.

4. Kurangi Gula Murni

Ika mengungkapkan, penderita diabetes harus mengurangi asupan gula murni.

“Yang paling tabu adalah makanan yang mengandung gula murni, seperti gula pasir, gula merah, permen. Tapi dalam kasus hipoglikemia, gula murni masih diperbolehkan untuk meningkatkan glukosa sehingga tidak hipoglikemik,” katanya. CNNIndonesia.com, Rabu (7/9).

Itulah cara mengatur pola makan sehat bagi penderita diabetes.




Spanduk gif Allo BankFoto: Dok. Halo Bank

(tst/ch)

[Gambas:Video CNN]