Kopi Bikin Orang Lebih Boros Saat Belanja, Kok Bisa?

Jakarta, sonaysurucukursu

Nongkrong di mall sambil ngopi kopi itu yang kebanyakan orang lakukan. Tapi sayangnya, ini bisa mempengaruhi keinginan belanja menjadi lebih impulsif. Apa sebenarnya faktor di balik fakta ini?

Jika Anda mencoba mengurangi belanja impulsif, cobalah mengurangi kopi saat berada di mal. Sebuah studi internasional yang dipimpin oleh Universitas Florida Selatan (USF) menemukan bahwa kafein memengaruhi apa yang Anda beli dan seberapa banyak Anda membeli saat berbelanja.

Studi yang dipublikasikan di Jurnal Pemasaran Ditemukan bahwa pembeli yang minum secangkir kopi berkafein sebelum menjelajahi toko menghabiskan sekitar 50 persen lebih banyak uang dan membeli hampir 30 persen lebih banyak barang daripada pembeli yang minum air putih.

Kafein dalam kopi bertindak sebagai stimulan yang kuat. Kafein dapat melepaskan dopamin di otak, yang menggairahkan pikiran dan tubuh. Ini mengarah ke keadaan energi yang lebih tinggi, membuat Anda impulsif, dan menurunkan kontrol diri.

Akibatnya, asupan kafein membuat belanja lebih impulsif. Tentunya dengan biaya yang lebih mahal.

Penelitian dilakukan terhadap 300 pengunjung mal di Prancis dan Spanyol. Sebanyak 150 di antaranya mendapatkan kopi dengan kafein. Sedangkan sisanya mendapatkan minuman tanpa kafein.

Hasilnya, tim menemukan bahwa mereka yang minum kafein, berbelanja lebih banyak barang daripada mereka yang tidak minum kafein.

Tak hanya itu, mereka yang sebelum minum kafein juga banyak berbelanja untuk barang-barang yang tidak perlu, yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

(del/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Cara Mudah Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah