Renungan Adaptasi dan Optimisme Manusia dalam Sapto Djojokartiko SS’23

Jakarta, sonaysurucukursu

Manusia adalah manusia yang penuh dengan daya juang dan beradaptasi dari waktu ke waktu terhadap segala rintangan yang dihadapinya. Sapto Djojokartiko mencoba menggambarkan konsep adaptasi ini dalam koleksinya Musim semi musim panas 2023.

Dalam koleksi terbarunya, ia menghadirkan kembali warna-warna neon seperti pink, kuning, dan hijau neon. Beberapa warna lain yang dibawa Sapto dalam koleksi ini sonaysurucukursu lain biru dan ungu. Namun, dominasi tetap dimainkan oleh warna-warna netral khas Sapto.

Sapto yang ikonik dengan warna-warna nyaman dalam palet warna netral, seolah menggambarkan momen ‘perubahan’ yang dibutuhkan manusia untuk menghadapi zaman. Warna-warna cerah yang dibubuhkan di beberapa helai busananya menggambarkan optimisme akan harapan di masa depan yang lebih cerah setelah dua tahun bergelut dengan pandemi yang penuh ketidakpastian.

“Saya ingin masyarakat lebih optimis dalam menghadapi apapun yang ada di depan kita, salah satunya dengan menggunakan warna-warna cerah dan menghadirkan presentasi yang lebih berwarna,” kata Sapto dalam keterangannya.

Sapto menuangkan segala renungan pemikirannya tentang ketidakpastian, termasuk dalam berbagai koleksi unisex. Ia menyadari, di dunia fashion saat ini, unisex bukanlah hal yang aneh.

Beberapa koleksinya dibuat unisex berupa rompi, outer, jaket, dan coat.

Permainan tembus pandang, sulam tangan, dan sulam dengan motif klasik tara dan darpana yaitu benang pada bingkai cermin, motif ukelan ron yang menggambarkan rangkaian daun, ukelan sekar dari bunganya, dan seligi yang menggambarkan tombak adalah poin yang menarik perhatian. Motif ini menjadi poin utama yang menjadi penanda ke-Sapto-an yang ikonik.

Terlepas dari dominasi gaun maxi kasual, flowy, dan ringan, koleksi ini juga menghadirkan beberapa gaya yang lebih klasik dan edgy. Fringe kembali! Tak hanya motif bordir, Sapto juga menghadirkan kembali rumbai-rumbai yang tadi abadi dalam gaun dan tas.

Baca Juga :  Pria Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Dibenci Wanita Saat Bercinta




Foto: Arsip Khusus
KOLEKSI SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023

Siluet longgar dan panjang dipadukan dengan pemotongan asimetris, tambal sulam, lipit, hingga rumbai dan juga bertumpuk menghadirkan alternatif gaya yang lebih muda tanpa terlihat berlebihan. Jangan lupakan bralette, dan korset yang tidak lagi tersembunyi di dalam pakaian, namun menonjol dalam gaya yang trendi dan kekinian.

Blazer dihadirkan dengan model bold cut serta bahu lebar dan ‘kuat’. Konstruksinya kokoh dengan detail ikat korset di bagian belakang.




sapto djojokartikoFoto: Arsip Sapto Djojokartiko
sapto djojokartiko

Yang menarik adalah gaun tembus pandang dengan potongan lebar di bagian bahu. Aplikasi sprei daun hitam menghiasi bagian dada dan dipadukan dengan rok hitam asimetris. Sapto menyelipkan kejutan di lini belakang dengan memberikan full backless, tanpa ikatan tali menyilang di punggung atas.

Terlebih lagi, dalam koleksinya saat ini, di lapisan luar belaka Yang terlihat formal dengan bordiran ini, ternyata juga rapi dan serbaguna untuk dipadankan dengan gaya sporty.

Tank top bagian dalam, bralette, celana pendek, dan bahkan legging juga dipadukan dengan koleksi ini untuk gaya olahragawan yang gratis, nyaman, dan praktis. Tak bisa dipungkiri, di zaman sekarang ini, kenyamanan adalah hal yang paling dicari.




KOLEKSI SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023Foto: Arsip Khusus
KOLEKSI SAPTO DJOJOKARTIKO SPRING/SUMMER 2023

(chs)

[Gambas:Video CNN]