Kapan Saat yang Tepat Anak Mulai Sekolah?

Jakarta, sonaysurucukursu

Sekolah adalah tempat kedua setelah rumah bagi anak mempelajari hal-hal. Di sekolah anak akan bertemu dengan orang lain, mulai dari guru, staf, hingga teman sebayanya.

Banyak orang tua berpikir bahwa masa depan anak-anak mereka tergantung pada kapan dan di mana mereka pergi ke sekolah. Oleh karena itu, banyak orang tua kini menyekolahkan anaknya di usia kurang dari lima tahun.

“Bahkan ada yang sudah dua tahun sekolah, namanya prasekolah,” ujar Nadya Pramesrani, psikolog keluarga dari Dandelion House, dalam webinar beberapa waktu lalu.

Kapan waktu yang tepat bagi anak untuk mulai sekolah?

Nadya menuturkan, usia bukanlah kunci utama saat seorang anak bisa dilepas ke sekolah. Itu semua tergantung pada kemampuan komunikasi anak.

“Jika anak sudah bisa mengatakan, komunikasi dua arah, dia sudah bisa masuk ke sekolah. Ini berarti prasekolahya” ucap Nadya.

Rata-rata anak memiliki kemampuan berbicara pada usia dua tahun. Karena itu, kata Nadya, tidak masalah jika orang tua menginginkan anaknya bersekolah di usia tersebut.

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan menyekolahkan anak sejak usia dua tahun. Hal ini terkait dengan perkembangan kognitif yang dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, anak juga dapat menggunakan waktu yang tersedia untuk melakukan hal-hal yang dapat membantu mereka berkembang.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh anak yang mulai bersekolah sejak usia dini:

– membantu anak menyesuaikan diri sebelum masuk sekolah
– memungkinkan anak-anak untuk lebih fokus mengikuti petunjuk
– membantu perkembangan emosi anak
– membantu perkembangan sosial anak
– meningkatkan perkembangan motorik anak.

Baca Juga :  Ibu Harus Tahu, Makanan Bergizi dan Vitamin Penting untuk Ibu Hamil

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]