Jokowi Pakai Busana Adat Bangka Belitung Saat Sidang Tahunan MPR

Jakarta, sonaysurucukursu

Presiden Jokowi mengenakan pakaian paksian yang merupakan pakaian adat Provinsi Bangka Belitung pada Sidang Tahunan MPR RI 2022.

Pakaiannya terdiri dari mantel Arab hijau panjang lengkap dengan selempang bersulam emas di tepinya. Ikat pinggang ini tersampir di bahu kanannya. Gendongan ini bukan hanya sekedar aksesoris, tetapi memiliki makna tersendiri.

Selempang dalam pakaian adat Bangka Belitung yang dikenakan Jokowi memiliki makna berkah, keselamatan, kehormatan, wibawa, kepercayaan diri dan harga diri.

Pakaian adatnya didominasi warna hijau dan bermotif rebung. Motifnya melambangkan keharmonisan, sedangkan warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Dia juga mengenakan kain cual merah dengan benang emas di pinggangnya. Celana berwarna senada juga dikenakan di bawah kain.

Warna emas memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Bangka Belitung. Warna ini dipercaya sebagai simbol kemegahan, keistimewaan, keramahan.

Untuk melengkapi penampilannya, ia juga mengenakan penutup kepala berwarna emas.

Pakaian adat ini merupakan hasil akulturasi dengan budaya Arab dan Melayu.

MPR akan menggelar Sidang Tahunan pada Selasa (16/8). Sidang dijadwalkan dimulai pukul 09.30 WIB.

Jokowi dijadwalkan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung MPR/DPR/DPD RI Nusantara, Senayan, Jakarta.

Pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Gabungan DPR RI dan DPD RI tahun 2022 yang akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Sidang Pertama DPR RI untuk Sidang 2022-2023 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Ketua DPR RI. .

Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Pendahuluan/Pernyataan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023 dan Nota Keuangannya.

Baca Juga :  6 Desainer Indonesia Akan Tampil di New York Fashion Week

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan bahwa rangkaian Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Gabungan DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 serta Sidang Paripurna Pembukaan Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 akan dihadiri secara fisik 100 persen oleh seluruh Pimpinan dan Anggota DPR RI, MPR RI, DPD RI serta Presiden dan Wakil Presiden.

“Presiden Joko Widodo sependapat dengan MPR, DPR, dan DPD bahwa pelaksanaan Sidang Tahunan MPR serta Sidang Gabungan DPR RI dan DPD RI harus dilakukan secara sederhana, efektif dan efisien. Sehingga tidak terlalu lama.

Yang terpenting pesannya tersampaikan ke publik,” pungkas Bambang Soesatyo, dikutip dari situs Menpan RB.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jokowi juga mengenakan pakaian adat. Pakaian adat Jokowi pada sidang tahunan MPR tahun lalu adalah busana adat Baduy dan kini busana adat Bangka Belitung menjadi pilihan untuk sidang tahunan MPR.

(chs)

[Gambas:Video CNN]