Jangan buru-buru ganti, cek dulu kelebihan kompor listrik

Jakarta, sonaysurucukursu

PT PLN (Persero) merekomendasikan masyarakat untuk menggunakan kompor listrik induksi dalam rangka mewujudkan kemandirian energi nasional, serta mendukung transisi energi impor ke dalam negeri.

Rencananya, tahun ini pemerintah akan memberikan paket kompor listrik gratis kepada 300 ribu rumah tangga sasaran.

Namun, kompor listrik memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan. Melansir berbagai sumber, berikut kelebihan dan kekurangan kompor listrik yang perlu Anda ketahui.

Keuntungan dari kompor listrik

1. Keamanan terjamin

Banyak orang beralih menggunakan kompor listrik karena merasa lebih aman saat digunakan di ruang tertutup. Pasalnya, kompor gas berisiko mengalami kebocoran gas yang dapat menyebabkan ledakan dan kebakaran.

Saat memasak di atas kompor listrik, hal mengerikan ini tidak perlu dikhawatirkan karena menggunakan listrik sebagai pengganti gas. Tak hanya itu, kompor listrik juga dinilai lebih aman karena tidak akan terasa panas saat disentuh langsung dengan tangan.

2. Mudah dibersihkan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kompor gas selalu meninggalkan bekas terbakar di ‘pantat’ wajan atau penggorengan. Artinya, Anda harus ekstra keras untuk membersihkannya karena harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat kompor terlihat bersih seperti dulu. Hal semacam ini tidak akan terjadi bila menggunakan kompor listrik.

Hampir semua merek kompor listrik menggunakan kaca dengan permukaan rata. Dengan demikian, pengguna hanya perlu membersihkan permukaannya saja.

3. Panaskan lebih merata

Banyak yang tidak menyangka bahwa panas yang dihasilkan kompor listrik jauh lebih stabil daripada kompor gas. Hal inilah yang membuat makanan bisa matang secara merata.

Baca Juga :  6 Khasiat Kunyit Putih yang Jarang Diketahui

Menariknya, panas yang stabil memungkinkan waktu memasak yang lebih singkat dan lebih efektif. Bahkan, bagian bawah wajan tidak akan menghitam akibat paparan panas yang berlebihan.

4. Panas yang dihasilkan lebih tahan lama

Hampir semua produk kompor listrik memiliki kemampuan untuk menyimpan panas beberapa saat setelah dimatikan. Meski sisa panasnya tidak sama dengan saat dinyalakan, Anda tetap bisa menggunakannya untuk menghangatkan makanan dalam porsi kecil.

5. Dilengkapi dengan banyak fitur modern

Tak hanya bentuknya yang modern, kompor listrik ini juga memiliki beragam fitur canggih. Tujuannya untuk mengatur suhu yang dihasilkan sehingga kegiatan memasak akan lebih efektif.

Fitur dan komponen kompor listrik yang bisa dinikmati sonaysurucukursu lain timer, ukuran panci otomatis, pengaman kompor untuk mati, hingga boost.


Kelebihan dan Kekurangan Kompor Listrik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA