Taaruf Law Melalui Aplikasi Kencan Online

Jakarta, sonaysurucukursu

Selama bulan Ramadhan 2022, CNNIndonesia.com menyajikan program tanya jawab tentang Islam atau Tajila. Kali ini, tanya jawab tentang Islam membahas tentang taaruf melalui aplikasi kencan online yang diklaim syariah.

Tanya
Apa hukum taaruf online melalui aplikasi kencan yang diklaim syariah?

Menjawab
Narasumber : Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rumadi Ahmad

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Apakah taaruf bisa menggunakan aplikasi yang diklaim sebagai aplikasi syariah?

Ini adalah pertanyaan yang sangat aneh di dunia saat ini. Ada soal konsep ta’aruf, ada soal penerapannya.

Sebenarnya maksud dari taaruf itu macam-macam, salah satunya adalah kita berusaha menjalin komunikasi dengan berbagai macam orang.

Kami berkomunikasi dengan orang yang awalnya tidak kami kenal, kemudian kami mencoba untuk lebih dekat dan sekarang salah satu media yang digunakan adalah aplikasi.

Jenis aplikasinya bermacam-macam, namun kini ada yang mengklaim bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi syariah.

Sebenarnya semua jenis aplikasi itu sama, yang penting kita bisa menjaga diri kita sendiri. Islam sangat menganjurkan agar kita bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kita, termasuk jika kita ingin mendapatkan jodoh, kita ingin berkomunikasi dengan orang yang kita sukai, itu adalah salah satu sugesti alami dalam hidup kita.

Apakah Anda ingin menggunakan metode apa pun, pertama dengan SMS, lalu WhatsApp, lalu sekarang aplikasi. Aplikasi apapun, termasuk yang dikatakan syar’i, sebenarnya tidak beragama, kitalah yang beragama, manusia yang memiliki hati dan pikiran untuk menyaring hal-hal yang ada di sebelah kanan dan kiri kita.

Saat ini kemajuan teknologi memang luar biasa, dan kita diuji untuk bisa bergaul dalam kehidupan yang semakin terbuka.

Baca Juga :  Puasa Sehat Ade Rai

Dalam kasus seperti ini yang sangat penting adalah bagaimana kita memagari diri kita sendiri, bagaimana kita mengendalikan diri kita sendiri, sehingga kita dapat terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh agama.

Silakan berkomunikasi, tetap berhubungan dengan banyak orang, semakin banyak orang.

Misal kita belum memiliki jodoh, mungkin dengan komunikasi, Allah SWT akan membuka rahasianya sehingga dengan kemajuan teknologi memudahkan kita untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang di sebelah kanan dan kiri kita.

Demikian semoga ada manfaatnya.

Wassalamualaikum Wr. wb

(agn)

[Gambas:Video CNN]