Hoax Mencabut Gigi Atas Menyebabkan Kebutaan

Jakarta, sonaysurucukursu

Keterangan Dokter Gigi M Try Utomo Insana Putra atau Tri Putra yang menyatakan bahwa mencabut gigi atas dapat menyebabkan kebutaan adalah hoax atau berita bohong.

Menurut Tri, saraf mata dan saraf gigi tidak berhubungan. Dengan demikian, pencabutan gigi atas tidak akan menyebabkan kebutaan.

‚ÄúSalah satu sistem saraf pusat ada di otak. Di dasar otak ini terdapat 12 cabang saraf yang biasa disebut saraf kranial. Untuk penglihatan mata dipersarafi oleh saraf optik, sedangkan gigi dan rahang dipersarafi oleh saraf trigeminal. saraf,” kata Tri, dikutip dari sonaysurucukursu, Minggu (3/7).

Namun, sebagian orang masih mempercayai rumor bahwa pencabutan gigi dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, hal itu masih dijadikan alasan bagi mereka yang takut mencabut gigi atas, padahal giginya tidak bisa diawetkan dan bisa menjadi sumber infeksi.

Dia membenarkan bahwa rumor bahwa seseorang bisa menjadi buta karena gigi atas mereka dicabut hanyalah mitos belaka.

Oleh karena itu, Tri berharap pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dapat berkembang. Dengan demikian, masyarakat tidak serta merta percaya pada informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

(suara/mikrofon)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  FOTO: Imajinasi dan Kegilaan Couture Schiaparelli