Hati-Hati, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Membuat Anda Tidak Subur

Jakarta, sonaysurucukursu

Memiliki anak menjadi impian hampir setiap pasangan. Tapi tidak semua pasangan diberi kesempatan untuk memiliki keturunan. Apalagi jika pasangan Anda mengalami kemandulan.

Infertilitas atau kesulitan memiliki anak memang bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kemandulan.

Infertilitas adalah gangguan kesuburan yang membuat seseorang sulit memiliki anak. Ada banyak penyebab kemandulan, salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari.

Kebiasaan apa yang bisa membuat seseorang mandul. Berikut beberapa di antaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Stres

Stres dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, asma, obesitas, dan depresi. Tapi stres juga bisa mengganggu pembuahan.

Dikutip dari Tembak KesehatanPara ahli telah memperingatkan tentang dampak gaya hidup sibuk pada libido dan dorongan seks di kalangan pasangan muda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility, stres dapat menurunkan kualitas sperma dan air mani. Hal ini dapat berdampak pada kesuburan pria. Stres kronis juga dapat mempengaruhi ovulasi pada beberapa wanita.

2. Tidak menjaga berat badan

Kebiasaan lain yang menyebabkan kemandulan adalah tidak menjaga berat badan. Menjaga berat badan ideal sangat penting untuk kesuburan.

3. Merokok




Ilustrasi. Merokok, salah satu kebiasaan yang menyebabkan kemandulan. (cherylholt/berkas kamar mayat)

Selain kandungan nikotin, rokok juga mengandung logam berat seperti kadmium dan timbal. Keduanya dapat mempengaruhi kepadatan sperma. Asap rokok juga dapat merusak DNA sperma. Merokok adalah salah satu penyebab infertilitas yang paling umum.

Tak hanya itu, rangkuman berbagai sumber, rokok membuat indung telur wanita menua. Merokok juga dikaitkan dengan keguguran, kehamilan ektopik, dan menyebabkan penyumbatan di saluran tuba yang menghalangi penyatuan sel telur dan sperma.

4. Minum alkohol

Minum terlalu banyak alkohol menurunkan kadar hormon steroid (termasuk hormon seks). Kebiasaan ini juga mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak normal pada wanita.

Produksi sperma juga terpengaruh pada pria yang banyak minum. Semakin banyak konsumsi alkohol, semakin besar penurunan kualitas sperma.

5. Paparan polusi

Studi terbaru menyebutkan, polusi udara bisa menjadi salah satu penyebab kemandulan. Polusi udara menyebabkan kualitas sperma yang buruk dan meningkatkan tingkat keguguran.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan paparan terhadap lingkungan yang lebih hijau dan bersih.

Hindari beberapa kebiasaan penyebab kemandulan di atas agar Anda dan pasangan mudah melahirkan.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  FOTO: Saat Gigi dan Bella Hadid 'Hampir Botak' di Marc Jacobs Show