Apa Jenis Roti Terbaik untuk Penderita Kolesterol?

Jakarta, sonaysurucukursu

Sampai kolesterol darah tinggi bukan berarti harus meninggalkan asupan roti. Anda tetap bisa makan roti, namun dengan jenis yang lebih sehat.

Ada jenis roti untuk penderita kolesterol yang bisa menjadi asupan harian.

Roti sendiri terbuat dari biji-bijian. Umumnya yang digunakan adalah biji-bijian jenis gandum.

Selain itu, ada juga roti yang terbuat dari olahan biji-bijian. Jenis biji-bijian ini dapat meningkatkan umur simpan dan memberikan tekstur yang lebih halus.

Namun, roti yang terbuat dari olahan biji-bijian umumnya rendah serat dan nutrisi lain seperti zat besi dan vitamin B.

Padahal, asupan serat baik untuk penderita kolesterol. Serat makanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik

American Heart Association (AHA) bahkan merekomendasikan asupan biji-bijian kaya serat untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk menjaga kadar kolesterol.

Roti untuk Penderita Kolesterol




Ilustrasi. Roti gandum utuh, roti terbaik untuk penderita kolesterol. (iStockphoto/fcafotodigital)

Pertanyaannya kemudian, roti apa yang paling baik untuk penderita kolesterol?

Mengumpulkan Hidup Kuat, sebagai permulaan, Anda bisa menghindari asupan roti tawar. Alih-alih roti putih, Anda bisa makan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.

Untuk mengetahuinya, AHA menyarankan agar Anda memperhatikan label nutrisi pada kemasan roti.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba roti yang terbuat dari gandum atau biji rami.

1. Roti gandum

Secara khusus, oat kaya akan serat dan nutrisi bermanfaat lainnya seperti magnesium, vitamin B1, dan zat besi. Serat dalam gandum yang dikenal sebagai beta-glukan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Mengumpulkan saluran kesehatanSatu ulasan menemukan bahwa konsumsi serat beta-glukan setiap hari secara signifikan menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Namun, tidak semua roti yang mencantumkan label nutrisi ‘gandum’ dijamin sehat. Beberapa roti gandum hanya mengandung sedikit gandum utuh yang dicampur dengan tepung halus, tambahan gula, dan minyak.

Untuk menemukan roti gandum utuh yang tepat, carilah roti yang mencantumkan ‘gandum’ dan ‘tepung terigu’ sebagai dua bahan pertama.

3. Putar rami




Bahan-bahan untuk sandwich buatan sendiri yang sehat.  Roti gandum, bayam, kangkung muda, mentimun, tauge.  Konsep makan sehat.  berbaring datarIlustrasi. Roti rami juga merupakan salah satu roti untuk penderita kolesterol. (iStockphoto/barol16)

Roti rami disebut-sebut sebagai roti paling sehat yang bisa Anda makan. Rami mengandung banyak nutrisi termasuk asam alfa-linolenat dan asam lemak omega-3.

Satu ulasan menemukan bahwa asupan tinggi asam alfa-linolenat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satunya dengan menekan kadar kolesterol jahat.

Demikian beberapa roti untuk penderita kolesterol yang bisa dijadikan pilihan. Pilih roti yang tepat untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

(ashar)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  4 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Program Bayi Tabung