Ikan Apa yang Baik Dikonsumsi untuk Kendalikan Kolesterol?

Jakarta, sonaysurucukursu

Tidak semua ikan hamil kolesterol. Kalaupun mengandung kolesterol, jumlahnya hanya sedikit.

Penderita kolesterol tetap tidak perlu khawatir saat ingin mengkonsumsinya ikan. Beberapa ikan rendah lemak jenuh dan cocok untuk orang yang mengontrol kadar kolesterol.

Ada beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Ikan ini bisa dijadikan sebagai asupan harian.

Faktanya, beberapa ikan memang mengandung sejumlah kecil kolesterol. Namun, hal ini jangan sampai membuat Anda menghindari asupan ikan.

Mengumpulkan Berita Medis Hari IniKandungan asam lemak omega-3 pada ikan berminyak seperti salmon diketahui dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi.

Selain makanan berserat, American Heart Association (AHA) juga merekomendasikan asupan ikan bagi penderita kolesterol tinggi. Dianjurkan agar Anda makan setidaknya delapan ons ikan per minggu.

Jika Anda memantau kadar kolesterol Anda, maka Anda dapat memilih ikan tanpa lemak yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti berikut ini:

– ikan kod,
– ikan salmon,
– ikan kembung.

Pertimbangan lain saat memilih ikan adalah kadar merkuri. Pasalnya, kadar merkuri sering ditemukan lebih tinggi pada ikan laut.

Berikut adalah beberapa ikan rendah merkuri yang direkomendasikan oleh American Dietetic Association:

– ikan teri,
– sarden,
– ikan tuna,
– ikan trout air tawar, dan
– ikan buntal.

Untuk menjaga asupan lemak jenuh Anda tetap rendah, Anda dapat menggunakan metode memasak alternatif selain menggoreng dalam minyak, seperti memanggang atau mengukus.

(del/asr)

[Gambas:Video CNN]



Baca Juga :  Jenis Olahraga yang Aman Saat Puasa, Intensitas Ringan hingga Sedang