Apa Itu Kolesterol Tinggi? Ketahui fakta-fakta berikut ini

Jakarta, sonaysurucukursu

Sampai kolesterol yang tidak terkontrol di dalam tubuh dapat memicu berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga stroke. Apa itu kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi ketika ada terlalu banyak kolesterol atau zat lemak dalam darah.

Kolesterol adalah zat lemak yang secara alami diproduksi oleh hati. Selain dari hati, kolesterol juga didapat dari asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Ada dua jenis kolesterol. Tidak semua jenis kolesterol berbahaya bagi tubuh.

Seseorang dapat dikatakan memiliki kolesterol tinggi jika memiliki kolesterol jahat atau kolesterol tinggi lipoprotein densitas rendah (LDL) di atas 130 mg/dL.

Berikut beberapa fakta tentang kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui, mengutip dari berbagai sumber.

1. Tidak semua kolesterol itu jahat

Kolesterol adalah zat seperti lemak yang beredar dalam darah. Tubuh membutuhkan beberapa kolesterol untuk bekerja seperti membuat hormon dan membangun sel. Anda akan membutuhkan kadar kolesterol baik yang disebut HDL (lipoprotein densitas tinggi).

Jadi, apa itu kolesterol tinggi? Kondisi ini ditandai dengan tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL. Kondisi ini bisa memicu penumpukan plak di pembuluh darah.

2. Penting untuk memeriksa kolesterol secara teratur




Ilustrasi. Orang perlu tahu apa itu kolesterol tinggi untuk mendapatkan pemahaman yang tepat. (iStockphoto)

Setiap orang, tanpa memandang usia atau status kesehatan, harus sering memeriksakan kadar kolesterolnya.

American Heart Association bahkan merekomendasikan untuk memeriksakan kolesterol untuk pertama kali pada usia 9-11 tahun.

Beranjak dewasa atau lebih dari 20 tahun, seseorang disarankan untuk memeriksakan kolesterol setiap 4-6 tahun.

Tetapi untuk orang yang lebih tua, mereka mungkin memerlukan lebih banyak tes jika mereka sedang menjalani pengobatan atau memiliki faktor risiko lain.

3. Remaja juga bisa mengalami kolesterol tinggi

Risiko kolesterol tinggi memang meningkat seiring bertambahnya usia. Kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

Namun, tidak hanya orang dewasa, remaja juga bisa mengalami masalah kolesterol. Apalagi jika mereka memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung.

Beberapa faktor keturunan juga membuat seseorang sulit untuk menghilangkan kadar kolesterol jahat. Anda mungkin sudah menjalani hidup sehat, namun kadar kolesterol tetap tinggi.

4. Tidak ada gejala yang pasti

Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi adalah masalah ‘diam’ yang mengancam. Pasalnya, kondisi ini tidak menimbulkan gejala.

Banyak orang baru menyadari kadar kolesterolnya yang tinggi ketika telah mengalami komplikasi serius seperti masalah jantung dan stroke.

5. Perubahan pola makan dapat berpengaruh




ilustrasi diet rendah proteinIlustrasi. Perubahan pola makan dapat mempengaruhi kadar kolesterol. (iStockphoto/RossHelen)

Salah satu cara mengatasi masalah kolesterol tinggi adalah dengan mengubah pola makan. Yaitu dengan membatasi asupan lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar LDL.

Alih-alih lemak jenuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan, ikan, telur, yogurt, buah, dan sayuran.

6. Beberapa orang membutuhkan obat

Perubahan pola makan dan olahraga teratur memang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol masyarakat. Namun, sepertinya ini tidak berlaku untuk semua orang.

Ada beberapa orang yang harus bergantung pada obat untuk mengontrol kadar kolesterol.

Demikian penjelasan tentang apa itu kolesterol tinggi dan faktanya. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kadar kolesterol agar bisa menentukan langkah pengobatan yang tepat.

(del/asr)

[Gambas:Video CNN]



Baca Juga :  BA.4 dan BA.5 Disebut Adopsi Karakteristik Omikron-Delta