9 Tips Agar Cepat Hamil, Rutin Bercinta hingga Konsumsi Asam Folat

Jakarta, sonaysurucukursu

Kehamilan merupakan hal yang dinanti-nanti oleh pasangan, terutama bagi pengantin baru. Beberapa pasangan mungkin membutuhkan tips agar cepat hamil karena ingin segera memiliki anak.

Ada berbagai tips untuk membuatnya cepat hamil yang bisa dicoba. Mulai dari rutinitas berhubungan sekscoba berbagai gaya bercinta, jaga asupan nutrisi, hindari stres, hingga konsumsi asam folat.

Berikut cara cepat hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Berhubungan seks secara teratur

Berhubungan seks secara teratur dengan pasangan dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Pasalnya, berhubungan seks secara teratur bisa membuat sel sperma siap membuahi sel telur saat berproduksi.

Namun, tidak ada patokan berapa kali Anda berhubungan seks agar cepat hamil. Anda bisa membuat jadwal agar cepat hamil bersama pasangan.

2. Seks saat masa subur




Ilustrasi. Berhubungan intim saat masa subur adalah salah satu tips cepat hamil (Foto: iStockphoto/Vasyl Dolmatov)

Tips agar cepat hamil selanjutnya adalah berhubungan seks di masa subur. Studi mengatakan seks selama masa subur dapat meningkatkan peluang kehamilan sekitar 15-20 persen.

Masa subur adalah masa ketika sel telur matang, dilepaskan, dan siap untuk dibuahi. Biasanya, masa subur berlangsung sekitar 1-3 hari sebelum ovulasi. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara menghitung masa subur.

Jika Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur, Anda dapat menghitung sendiri masa subur Anda dengan cara ini. Jika belum, Anda bisa menggunakan aplikasi kalkulator kesuburan di App Store atau Google Play Store, seperti Flo.

3. Posisi seks

Selain melakukan hubungan seks secara teratur, Anda dan pasangan perlu menyesuaikan posisi seks yang memungkinkan sperma dengan mudah bertemu sel telur, seperti posisi misionaris dan gaya doggy.

Para misionaris memudahkan sperma mengalir ke saluran tuba, sementara gaya doggy memungkinkan penis untuk menembus lebih dalam

4. Jangan stres




ilustrasi pasanganIlustrasi. Tips cepat hamil agar tidak stres (Foto: iStock/vadimguzhva)

Pasangan yang ingin segera memiliki momongan tidak boleh stres dan kelelahan.

Sebab, stres fisik dan emosional dapat mempengaruhi kualitas sel telur dan sperma. Untuk itu, kelola stres dan istirahat yang cukup.

5. Jaga berat badan dan asupan nutrisi Anda

Tips cepat memiliki anak selanjutnya adalah menjaga berat badan dan asupan nutrisi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan umumnya membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil daripada mereka yang memiliki berat badan ideal.

Hal yang sama berlaku untuk orang yang kekurangan berat badan. Kekurangan berat badan juga mempengaruhi kesuburan baik pria maupun wanita, sehingga dapat mengurangi kemungkinan hamil.

Untuk memenuhi nutrisi agar berat badan ideal, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah lemak. Sebab, makanan tersebut mempengaruhi kualitas sel telur dan sperma.

6. Lepaskan kontrasepsi




ilustrasi kontrasepsiIlustrasi. Tips cepat hamil yaitu dengan melepas semua alat kontrasepsi (Foto: iStockphoto/andrewsafonov)

Jika Anda ingin hamil, sebaiknya lepaskan alat kontrasepsi yang Anda gunakan, mulai dari IUD, kontrasepsi suntik, pil KB, hingga kondom. Jangan gunakan kontrasepsi untuk meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

7. Kurangi olahraga berat

Wanita yang ingin cepat hamil sebaiknya mengurangi olahraga berat karena dapat berdampak pada ovulasi. Lakukan olahraga secukupnya saja agar tubuh tetap fit, namun tidak cepat lelah.

8. Konsumsi asam folat




ilustrasi asam folatIlustrasi. Salah satu tips cepat hamil adalah dengan mengonsumsi asam folat (Foto: iStockphoto/Fertnig)

Mengkonsumsi asam folat baik untuk meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria.

Wanita yang banyak mengkonsumsi asam folat lebih mungkin untuk berovulasi atau menghasilkan sel telur. Sedangkan pada pria, asupan asam folat yang cukup dapat meningkatkan jumlah sperma.

Selain bermanfaat untuk kesuburan, kandungan asam folat nantinya akan berguna untuk mencegah cacat saraf pada bayi saat dalam kandungan.

Asam folat tidak hanya ditemukan dalam suplemen multivitamin, tetapi juga pada makanan seperti telur, sayuran berdaun hijau, kacang hijau, alpukat, dan sebagainya.

9. Konsultasikan dengan dokter

Selain mencoba hal-hal di atas, tips cepat hamil yang tak kalah penting adalah berkonsultasi dengan dokter. Nantinya dokter akan memberikan analisis lebih lanjut, termasuk tes kesuburan dan perencanaan program kehamilan yang tepat.

(kami/fe)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Berdarah Setelah Berhubungan Seks, Kapan Sebaiknya Ke Dokter?