7 Makanan Sehat untuk Anda yang Ingin Menambah Berat Badan

Jakarta, CNNIndonesia

Berat badan terlalu rendah (kurus) mempersulit seseorang untuk membentuk otot dan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Orang perlu mengkonsumsi beberapa makanan menambah berat badan dengan aman dan sehat.

Kondisi kesehatan tertentu bisa membuat orang kurus, seperti pengobatan kanker, masalah hormon, atau gangguan makan. Tujuan menambah berat badan tentunya untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.

Namun, ada alasan untuk menambah berat badan selain tujuan kesehatan membangun otot. Berikut rekomendasi makanan untuk menambah berat badan dengan cepat dan sehat.

1.nasi

Nasi adalah sumber karbohidrat yang murah untuk membantu Anda menambah berat badan. Dalam 158 gram nasi putih menyediakan 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sedikit lemak.

Seperti dikutip dari Saluran kesehatan, Anda bisa memberi rasa pada nasi yang relatif hambar. Cara termudah adalah menambahkan komponen protein seperti mentega dan keju parmesan, brokoli dan keju, orak-arik telur atau kacang tanah, dan biji wijen panggang.

2. Kacang tanah dan selai kacang

Segenggam kacang saja, Anda bisa menambah berat badan dengan cepat. Segenggam almond mentah (32 gram) mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak.

Kacang sangat padat kalori sehingga hanya disarankan untuk mengonsumsi dua genggam per hari. Selain itu, kacang tanah juga bisa dikonsumsi dalam bentuk selai. Namun, pastikan selai kacangnya terbuat dari 100 persen kacang tanpa tambahan gula dan minyak.

3. Kentang




Ilustrasi. Kentang, salah satu makanan untuk menambah berat badan. (iStockphoto)

Selain nasi, sumber karbohidrat yang dianjurkan adalah kentang. Makanan bertepung ini bisa memberikan kalori ekstra dengan cara yang sehat.

Kentang dan makanan bertepung akan meningkatkan simpanan glikogen otot. Glikogen adalah sumber bahan bakar utama untuk banyak aktivitas, termasuk olahraga.

4.Salmon

Sangat penting untuk memasukkan protein dalam asupan harian Anda. Mengapa tidak, otot dibangun dari protein.

Ini berarti mengonsumsi lebih banyak protein dapat memastikan pembentukan otot yang baik.

Seperti dikutip dari Orang dalammakanan dengan kandungan protein tinggi sonaysurucukursu lain salmon (29 gram per 5 ons), telur (satu butir telur mengandung 6 gram protein), dan kacang tanah (6 gram per 32 gram porsi).

5. Susu

Susu akan membuat berat badan Anda bertambah dengan sehat. Sebaiknya pilih jenis whole milk seperti full-fat milk dan produk turunannya seperti yogurt dan keju.

Secangkir susu mengandung 8 gram protein dan hampir 150 kalori. Susu skim dengan sedikit lemak juga dapat meningkatkan berat badan, tetapi hanya mengandung 90 kalori dan sekitar 8 gram protein.

Susu baik dikonsumsi setelah berolahraga karena dapat memulihkan kondisi tubuh sekaligus membentuk otot.

6. Sereal gandum

Sereal gandum biasanya terdiri dari gandum, jelai, dan nasi. Terkadang ada yang menambahkan biji rami, biji labu atau almond panggang. Sereal semakin nikmat dengan tambahan susu dingin.

Jika Anda membeli sereal kemasan, periksa kembali kandungan gula dan garamnya. Meskipun sereal mungkin tampak sehat pada pandangan pertama karena variasi biji-bijiannya, pada kenyataannya, produsen menambahkan gula atau garam ekstra.

7. Cokelat hitam

Cokelat berasal dari biji kakao yang kaya akan karbohidrat. Sebaiknya pilih dark chocolate alias cokelat hitam sebagai camilan karena mengandung lebih banyak kakao dan lebih sedikit gula.

Seperti dikutip dari Berita Medis Hari Iniproduk dengan kakao yang lebih tinggi akan memberikan manfaat lebih, mengingat kandungan antioksidannya yang melimpah.
Selain untuk cemilan, bubuk dark chocolate bisa dijadikan topping smoothies atau oatmeal.

(the/asr)



[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  Sekarang ada selotip khusus agar burritonya tidak berantakan