7 Bumbu Dapur Penurun Kolesterol, Murah dan Ampuh

Jakarta, sonaysurucukursu

Rempah bukan hanya penyedap makanan, tapi juga bumbu dapur penurun kolesterol yang ampuh.

Saat kolesterol mulai naik karena pola makan yang tidak terkontrol, jangan panik. Mengutip Pencegahan, olahraga teratur, menghindari lemak trans, dan makan lebih banyak lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda “baik” adalah cara cerdas untuk menjaga keseimbangan kolesterol. Anda juga disarankan untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat olahan.

Cara lain, tambahkan sedikit herbal penurun kolesterol dalam asupan harian Anda. Ini adalah cara yang lezat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Banyak bumbu dan rempah-rempah yang sarat dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi, yang sangat disukai hati Anda.

Secara khusus, bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit semuanya terbukti sebagai bumbu dan rempah kuliner yang ramah jantung.

Biji fenugreek yang kaya serat—digunakan dalam kari India, dipanggang dalam roti Mesir, dan dinikmati sebagai minuman di Afrika utara—juga dapat menurunkan gula darah dan kolesterol.

Ini dia bumbu dapur penurun kolesterol

1. Lada hitam




Foto: Istockphoto/khouwes
Lada hitam

Mengutip Times of India, lada hitam dikenal sebagai raja rempah-rempah.

Rempah-rempah ini membantu tubuh menyerap rempah-rempah lainnya dengan baik, dikenal sebagai sumber antioksidan dan membantu tubuh tetap sehat. Hal ini memungkinkan tubuh untuk memecah sel-sel lemak dan telah terbukti membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol tinggi.

2. Bawang putih




Bawang Putih Panggang dengan Garam, Lada, Timi, dan Minyak Zaitun dalam Wajan Besi CorFoto: iStockphoto/LauriPatterson
Bawang putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang digunakan di setiap masakan Indonesia.

Mengutip Hopkins Medicine, apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa makan bawang putih dapat melindungi jantung Anda dari perubahan yang mengarah pada penyakit jantung.

Seiring bertambahnya usia, beberapa pengerasan arteri adalah normal. Ini disebut aterosklerosis dan terjadi karena timbunan lemak yang terdiri dari kolesterol dan zat lain menumpuk di bagian dalam dinding arteri Anda. Faktor-faktor seperti merokok, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat memperburuknya.

Saat penumpukan meningkat seiring waktu, arteri menyempit. Hal ini dapat membuat Anda rentan terhadap serangan jantung dan stroke.

Para peneliti telah menghubungkan asupan bawang putih dengan menjaga pembuluh darah tetap fleksibel, terutama pada wanita. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Bumbu dapur penurun kolesterol lainnya berlanjut di halaman berikutnya….


Bumbu Dapur Penurun Kolesterol

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  Kembalinya 'Selasa Wage' Malioboro Usai Vakum 2 Tahun karena Covid-19