5 Cara Menghilangkan Jerawat Parah

Jakarta, sonaysurucukursu

Kondisi jerawat Jika sudah parah, seringkali merusak lapisan kulit wajah dan meninggalkan bekas yang cukup sulit dihilangkan.

Cara menghilangkan jerawat yang sudah parah tidak cukup efektif jika hanya mengandalkan perawatan wajah dasar atau dasar perawatan kulit hanya.

Dilaporkan Berita Medis Hari IniAda beberapa metode pengobatan untuk menghilangkan jerawat sekaligus memudarkan tampilan bekasnya.

Namun perawatannya harus di bawah pengawasan dokter kulit, sehingga disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu untuk memastikan keseriusan jerawat tersebut.

Cara menghilangkan jerawat yang sudah parah




Ilustrasi. Cara menghilangkan jerawat parah. (iStockphoto/Boyloso)

Secara umum pengobatan yang sering dianjurkan oleh dokter biasanya meliputi obat oral, suntikan, hingga terapi laser sebagai berikut.

1. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida merupakan salah satu bahan dalam obat jerawat yang dapat menghilangkan kondisi jerawat yang parah.

Formula dalam benzoil peroksida mampu membunuh bakteri penyebab jerawat hingga ke akarnya, terutama jenis Propionibacterium Acnes atau P. Acnes.

Obat oral hanya ditujukan untuk pemakaian luar yang dioleskan pada area kulit berjerawat.

Produk obat jerawat seperti benzoil peroksida biasanya dikemas dalam bentuk gel, krim, atau lotion yang mudah didapatkan, seperti di apotek atau toko obat (drugstore).

2. Suntikan steroid

Cara menghilangkan jerawat parah selanjutnya bisa menggunakan suntikan steroid dan hanya bisa dilakukan atas rekomendasi dokter kulit.

Jika kondisi jerawat Anda memang membutuhkan suntikan, dokter akan menyuntikkan obat kortikosteroid yang disebut kortikosteroid triamsinolon langsung ke kulit berjerawat.

Suntikan steroid ini berguna untuk mengurangi peradangan dan mencegah pembentukan jaringan parut pada kulit.

Jika kondisi jerawat cukup besar, bernanah, dan dalam tingkat keparahan yang serius, ada kemungkinan dokter akan melakukan operasi kecil sebelum menyuntikkan kortikosteroid.

3. Pengobatan jerawat dengan isotretinoin




Ilustrasi telemedicineIlustrasi. Cara menghilangkan jerawat yang sudah parah dengan obat yang diresepkan oleh dokter. (iStock/Chaay_Tee)

Selain benzoil peroksida, obat resep dokter isotretinoin mengandung zat aktif yang efektif mengobati jerawat parah.

Untuk kasus jerawat sedang atau bahkan ringan, penggunaan isotretinoin tidak dianjurkan karena formulanya telah dirancang khusus untuk mengobati jerawat parah.

Selain itu, jerawat parah akibat kehamilan dan menyusui juga tidak dianjurkan karena bisa berakibat fatal bagi kondisi janin dan bayi.

Konsumsi isotretinoin yang tergolong obat teratogenik memang dapat menimbulkan efek samping lain seperti mata dan alat kelamin kering, nyeri sendi, dan kerusakan hati.

4. Pil KB

Ada beberapa jenis pil KB yang dapat digunakan untuk membantu keseimbangan hormon pada wanita.

Penggunaan pil KB agar jerawat hilang termasuk terapi hormon yang sering dianjurkan oleh dokter.

Pil KB yang dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu akan berfungsi menekan produksi minyak berlebih penyebab jerawat sekaligus menghambat aktivitas hormon androgen.

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua pil KB bisa menghilangkan jerawat. Selama ini, satu-satunya pil kontrasepsi yang dianjurkan adalah kombinasi estrogen dan progesteron karena terbukti efektif.

5. Laser erbium




Seorang wanita di salon kecantikan selama perawatan laser.Ilustrasi. Cara menghilangkan jerawat parah dengan terapi laser. (Istockphoto/robertprzybysz)

Selain terapi hormon, terapi laser erbium juga sering digunakan untuk mengobati jerawat parah.

Laser Erbium merupakan salah satu jenis teknologi laser terbaik karena dapat memperbaiki struktur kulit dari lapisan terdalam hingga terluar.

Cara menghilangkan jerawat yang sudah parah dengan laser erbium memang cukup mahal, namun sebanding dengan hasil yang signifikan.

Perawatan laser erbium dapat dilakukan saat jerawat masih aktif, asalkan mengikuti saran dari dokter kulit yang melakukan tindakan terhadap Anda.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]


Baca Juga :  15 Ayat Alkitab untuk Salam Paskah