5 Alasan Mengapa Kebanyakan Pesawat Berwarna Putih

Jakarta, sonaysurucukursu

Bagi yang suka naik pesawat komersial, apakah Anda sering mengamati bagian-bagian dari burung besi? Sebenarnya ada fakta tersembunyi di pesawat terbang.

Jika sebelumnya kita tahu tentang pintu pesawat selalu di sebelah kiri dan alasan jendela pesawat berbentuk oval, kini ada fakta lain yang juga sering Anda lihat.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kebanyakan pesawat dicat putih? Ada alasan ilmiah mengapa cat pesawat didominasi warna putih.

Berikut adalah 5 alasan ilmiah mengapa kebanyakan pesawat dicat putih: pesawatnerds.com,

1. Keuntungan Termal

Secara ilmiah, benda yang dicat putih tidak dapat menyerap warna apa pun (panjang gelombang cahaya apa pun) sehingga memantulkan semua warna (Semua panjang gelombang cahaya) dan kita melihat warna itu sebagai putih. Putih sebenarnya adalah campuran dari semua warna.

Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang 400 – 700 nm (nanometer).

Momen pesawat terbang dicat dengan warna selain putih, ia akan menyerap cahaya (panjang gelombang) warna itu dan mengubah energi cahaya yang diserap menjadi energi panas. Ini akan memanaskan badan pesawat.

Jadi, ketika sebuah pesawat dicat putih, itu akan memantulkan semua panjang gelombang cahaya dan karenanya tidak akan menyerap cahaya apa pun dan itu akan mengakibatkannya tidak terlalu panas. Warna putih membantu mendinginkan pesawat lebih cepat saat pesawat diparkir di tanah panas.

2. Faktor Visibilitas

Saat pesawat jatuh, lebih mudah untuk menemukannya jika warnanya putih. Karena putih mudah terlihat di tanah dari langit, bahkan di malam hari.


3 Alasan Lain Mengapa Kebanyakan Pesawat Dicat Putih

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Baca Juga :  Renungan Harian Katolik 4 Juni 2022, Sepenuhnya Menyerah kepada Tuhan