4 Tempat Wisata Yang Bisa Membuat Warga Banten Lebih Bahagia

Jakarta, sonaysurucukursu

Banten menjadi daerah paling bahagia di Indonesia. Hal ini diketahui melalui rilis yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS).

Berdasarkan perhitungan BPS, indeks kebahagiaan Banten berada pada 68,08. Artinya ia menempati posisi terendah sebagai wilayah paling bahagia di Indonesia.

Meski dianggap sebagai daerah yang tidak menyenangkan, bukan berarti Banten tidak memiliki tempat wisata. Ada banyak tempat wisata yang bisa dijadikan sarana penyembuhan. Meski Banten dianggap tidak bahagia.

Mau tahu dimana saja, yuk simak beberapa tempat wisata di Banten. Cocok untuk penyembuhan sementara:

1. Danau Biru Cisoka

Telaga Biru adalah telaga yang airnya berwarna biru jernih. Pantulan gambar di sekitarnya terlihat jelas saat Anda berpose di sekitar danau.

Tak heran jika danau ini sering dijadikan sebagai objek foto pernikahan yang cukup instagramable.

Danau biru ada di Tangerang. Tepatnya di Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Uniknya, Telaga Biru yang juga dikenal dengan Danau Wiru ini merupakan danau buatan.

Telaga biru juga tidak hanya biru. Melansir situs resmi Dinas Pariwisata Banten, Telaga Biru Cigaru sebenarnya memiliki tiga danau dengan warna berbeda, yakni kuning, hijau, dan pirus.

Untuk mengunjungi danau ini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 per orang.

2. Tebing Koja

Masih seputar Tangerang. Ada Tebing Koja yang kini sedang digandrungi warga Banten dan sekitarnya.

Tebing Kopo Maja atau biasa disebut Tebing Koja merupakan pasir galian yang ditinggalkan para penambang karena sudah tidak produktif lagi. Lokasinya di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang

Baca Juga :  7 Cara Dimanja Tak Berubah dari Cemas Menjadi 'Gengges'

Untuk menikmati pemandangan di tebing ini, Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 5.000.

3. Wisata Cagar Alam Danau Rawa

Wisata alam Rawa Danau terletak di Desa Panenjoan, Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang, Banten. Kawasan ini tidak hanya indah panoramanya tetapi juga memiliki udara yang cukup bersih.

Cagar alam rawa danau ini memang didominasi oleh rawa dan danau. Ini berasal dari kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

Biasanya warga Serang dan Cilegon mengunjungi objek wisata ini untuk menikmati udara segar. Di kawasan wisata ini, pengunjung juga bisa menikmati Mancak Durian khas yang didapat langsung dari kebunnya.

4. Air Terjun Kerbau

Curug Munding merupakan salah satu tempat wisata di Banten yang wajib dikunjungi. Sesuai dengan namanya, konon dulu ada seekor munding atau kerbau yang melompat ke air terjun.

Oleh karena itu, air terjun yang terletak di Desa Cicaringin, Kecamatan Gunung Kencana, Banten ini dikenal dengan nama Air Terjun Munding. Curug Munding terletak di sudut Kecamatan Gunung Kencana, sehingga keberadaan Curug Munding tidak diketahui banyak orang.

Hal yang paling menarik dari air terjun ini adalah cekungannya yang berbentuk seperti kolam. Para pengunjung bisa bermain air dan berenang sepuasnya sambil menikmati sensasi percikan air yang jatuh dari atas.

Itulah empat destinasi wisata di Banten. Tak hanya pantai di Banten yang cocok untuk penyembuhan.

(tst/ch)

[Gambas:Video CNN]