4 Alat Memasak yang Harus Dimiliki Saat Menggunakan Kompor Listrik

Jakarta, sonaysurucukursu

Pemerintah berencana mendistribusikan satu paket kompor listrik Gratis. Paket tersebut akan diberikan kepada 300 ribu rumah tangga di Indonesia.

Tak hanya kompor dalam paket gratis, satu alat masak juga dibagikan.

Peralatan memasak memang penting ketika Anda berbicara tentang kompor listrik. Karena tidak semua alat memasak bisa digunakan di atas kompor listrik.

Alat masak untuk kompor listrik

Kompor listrik memang terlihat mewah dan menarik. Terutama untuk dapur bergaya dan modern. Tetapi Anda mungkin perlu memilih peralatan masak yang cocok dan kompatibel untuk kompor listrik.

Melansir Urdesign, wajan jenis biasa tidak disarankan untuk kompor listrik.

Hal ini karena biasanya kompor listrik menggunakan metal coil burner atau energi elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Oleh karena itu, peralatan masak juga harus kompatibel dengan kompor listrik.

Berikut adalah pilihan peralatan masak yang kompatibel dengan kompor listrik;

1. Baja tahan karat Panci

Panci stainless steel akan menjadi pilihan sempurna untuk kompor listrik. Biasanya, pot stainless steel tahan terhadap korosi.

Pot jenis ini juga sangat mudah digunakan dan menghemat waktu. Panci stainless steel juga memiliki paduan berbasis baja di bagian bawah panci. Ini memberikan panci konduktivitas termal yang tinggi.

Para ahli juga merekomendasikan panci stainless steel sebagai peralatan masak yang kompatibel untuk kompor listrik.

2. Panci besi

Seperti panci stainless steel, peralatan masak dari besi sangat tahan terhadap korosi. Oleh karena itu, bagi pengguna kompor listrik, panci besi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan. Jenis pot ini serbaguna dan sangat tahan lama.

Baca Juga :  5 Tips Menghilangkan Budaya Sibuk, Penyakit Jantung Pekerja

3. Peralatan masak baja karbon

Peralatan masak baja karbon sering dianggap sebagai bahan terbaik kedua untuk kompor listrik setelah peralatan masak stainless steel. Baja karbon sangat tahan lama. Selain itu, alat masak jenis ini juga lebih murah dan ringan dibandingkan alat masak besi.

4. Permukaan wajan datar

Tidak hanya bahannya saja, Anda juga harus memperhatikan bentuk panci yang digunakan. Melansir CDA, kompor listrik membutuhkan wajan dengan permukaan rata. Kompor listrik cocok dengan bahan apa pun, tetapi yang penting dasar pancinya rata.

(tst/ch)

[Gambas:Video CNN]